TUKUBOYA, LISDA (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RESENSI CERITA DONGENG SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER LISDA TUKUBOYA.pdf - Published Version Download (228kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (285kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (157kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (348kB) |
Abstract
Lisda Tukuboya. 2023. Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Guru Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Cerita Dongeng Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ternate. Dibimbing oleh Dr. Muamar Abd Halil, S.Pd, M.Pd, selaku pembimbing I dan Rafik M Abasa, S.Pd, M.Pd, selaku pembimbing II. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran kontekstual guru bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis resensi cerita dongeng siswa kelas VIII SMP Negeri, (2) untuk mendeskripsikan sejauhmanakah penggunaan model pembelajaran kontekstual guru bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis resensi cerita dongeng siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini keseluruhan siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate sebanyak 230. Sampel dalam penelitian ini merupakan sebagian dari jumlah populasi yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate sebanyak 25 siswa sebesar 10%. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan wawancara. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data dan kesimpulan dapat diketahui (1) pembelajaran menulis resensi cerita dongeng melalui penggunaan model pembelajaran kontekstual berhasil meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan aspek proses dan hasil tes. Pada aspek proses yaitu keterampilan guru dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran kontekstual mengalami peningkatan dari tes awal (pretest) berada pada kategori cukup baik menjadi sangat baik pada tes akhir (posttest). Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, dari tes awal (pretest) dengan kategori cukup baik menjadi sangat baik pada tes akhir (posttest), (2) tes awal (pretest) siswa belum mencapai peningkatan nilai yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 72,72, siswa yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 9 siswa sebesar 36% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 16 siswa sebesar 64% sedangkan pada tes akhir (posttest) siswa telah mencapai peningkatan nilai dalam pembelajaran menulis resensi cerita dongeng melalui penggunaan model kontekstual dengan nilai rata-rata sebesar 82,40, siswa yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 20 siswa sebesar 80% sedangkan siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan sebanyak 5 siswa sebesar 20%. Kata Kunci: Menulis Resensi Cerita dongeng, Model Kontekstual.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QK Bahasa Indonesia Q Science > QK Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 01:20 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 01:20 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |