ARSAD, NUR AFNI (2024) EFEKTIVITAS MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS IKLAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 HALMAHERA SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER NUR AFNI ARSAD.pdf - Published Version Download (190kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (225kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (196kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (135kB) |
Abstract
Nur Afni Arsad, 2024. Efektivitas Media Canva Terhadap Kemampuan Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Halmahera Selatan. Selaku Pembimbing I Sulami Sibua, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II Adriani S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas media canva terhadap kemampuan menulis teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Halmahera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan total 40 siswa dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas VIII 1 dengan total 20 siswa dan kelas VIII 2 dengan 20 siswa. Kelas VIII 1 yang merupakan kelas eksperimen, sedangkan kelas VIII 2 adalah kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-gain. Uji validitas dari 1 soal dengan 3 indikator penilaian diperoleh nilai korelasi tinggi dengan skor total 0,804, 0,807, dan 0,767. Uji reliabilitas diperoleh nilai koefisien Alpa Cronbach sebesar 0,708. Uji normalitas memiliki nilai S-W (Sig) > 0,05 dari data pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji homogen memiliki nilai lavene (sig) > 0,05. Uji hipotesis diperoleh nilai signifikasi = 0,000. Sedangkan, untuk uji N-gain kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest sebesar 51,5 dan rata-rata posttest sebesar 81,35 sehingga diperoleh gain 59,73. Hasil ini menunjukan perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Artinya, media pembelajaran berbasis canva terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks iklan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 14 Halmahera Selatan. Kata Kunci: Media Canva, Menulis, Teks Iklan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QK Bahasa Indonesia Q Science > QK Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 01:20 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 01:20 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |