UMASANGAJI, SIRMAN (2024) REPRESENTASI NILAI MORAL DAN PENDIDIKAN DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA). Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER SIRMAN UMASANGAJI.pdf - Published Version Download (107kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (90kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (159kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (220kB) |
Abstract
Sirman Umasangaji, 2024. Representasi Nilai Moral dan Pendidikan dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khirsna Pabichara Tinjauan Sosiologi Sastra, yang dibimbing oleh Pembimbing I; Rafik M. Abasa, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II; Adriani, S.Pd.,M.Pd. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu: untuk mengetahui representasi nilai moral dan pendidikan dalam novel sepatu dahlan karya Krisna Pabichara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana merepresentasikan nilai moral dan pendidikan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara tinjauan sosiologi. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi kepustakaan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, sosiologi sastra akan meneliti sastra sebagai ungkapan historis, ekspresi suatu waktu, dan sebagai sebuah cermin. karya sastra juga memuat aspek sosial dan budaya yang memiliki fungsi sosial berharga. Novel merupakan karya fiksi yang bersifat imajinatif. Sebagai sebuah karya imajinatif, karya fiksi menawarkan berbagai permasalahan manusia dan kemanusiaan, hidup dan kehidupan. Dalam moralitas heteronom, suatu kewajiban ditaati, tapi bukan karena kewajiban itu sendiri, melainkan karena sesuatu yang berasal dari luar kehendak orang itu sendiri, misalnya karena adanya imbalan tertentu atau karena takut pada ancaman orang lain. Sedangkan dalam moralitas otonom, kesadaran manusia akan kewajibannya yang harus ditaati sebagai sesuatu yang ia kehendaki, karena diyakini sebagai hal yang baik. Sehingga dalam novel Sepatu Dahlan terkandung kedua jenis nilai moral tersebut dengan berbagai macam panggalan paragraf yang dinarasikan antar tokoh. Selain itu, nilai pendidikan juga merupakan upaya terencana dalam mengembangkan potensi peserta didik, sehingga mereka memiliki sistem berpikir, nilai, moral, dan keyakinan yang diwariskan masyarakatnya dan mengembangkan warisan tersebut ke arah yang sesuai untuk kehidupan masa kini dan masa mendatang. Adapun nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Sepatu Dahlan adalah terbagi menjadi lima bagian, yakni: religius, etika, estetika, sosial, dan kesenian. Kata kunci: Representasi Nilai Moral, Nilai Pendidikan, Sosiologi Sastra
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QK Bahasa Indonesia Q Science > QK Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 01:25 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 01:25 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5138 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |