KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

ISMIN, ALISHA (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (26kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (400kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14kB)

Abstract

Alisha Ismin, 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran Problem Solving Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel” (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Nasional Banau Kota Ternate Tahun Ajaran 2023/2024) Di Bawah Bimbingan Ahmad Afandi, S.Pd., M.Pd dan Dr. Joko Suratno, S.Pd.,M.Pd.Si Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah diterapkan model Problem Solving pada materi sistem persamaan linier dua variabel. 2) Keefektifan model pembelajaran problem solving ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Nasional Banau Kota Ternate pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Desain penelitian ini menggunakan One-Shot Case Studi. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Nasional Banau Kota Ternate Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Nasional Banau Kota Ternate setelah diterapkan model pembelajaran problem solving menunjukkan terdapat 18 siswa kualifikasi tinggi dengan persentase 81,82%, 2 siswa kualifikasi sedang dengan persentse 9,09% dan 2 siswa kualifikasi rendah dengan persentase 9,09%. 2) Model pembelajaran problem solving efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Nasional Banau Kota Ternate pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Kata kunci: Problem Solving, berpikir kritis matematis siswa, sistem persamaan linier dua variabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:14
Last Modified: 17 Sep 2025 01:14
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5188

Actions (login required)

View Item View Item