PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI SANDANG KELAS III SD NEGERI 50 KOTA TERNATE

RAKIB, ARIFA (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI SANDANG KELAS III SD NEGERI 50 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (203kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB)

Abstract

Arifa Rakib, 2024: Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 2 Perkembangan Teknologi Produksi Sandang Kelas III SD Negeri 50 Kota Ternate. Dibimbing Oleh: Bapak Dr. Samsu Somadayo S.Pd.,M.Pd Dan Bapak Asri Tamalene S.Pd., M.Pd Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) untuk mengetahui proses penggunaan model Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 50 Kota Ternate 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Problem Solving pada tema 7 subtema 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun tahap PTK meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Subjek dari penelitian adalah kelas III dengan jumlah siswa 11 yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian dari penggunaan model pembelajaran Problem Solving dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa 36,36% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 7 siswa atau 63,63% dari 11 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah rata-rata siswa adalah 58,36% hal ini menunjukkan penerapan model pembejaran Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 50 Kota Ternate belum berhasil. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 8 siswa atau 72,72% sedangkan 3 atau 27,27% siswa lainnya belum tuntas dari 11 siswa yang mengikuti proses pembelajaran dikelas pada siklus II adalah 78,54%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 50 Kota Ternate. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Problem Solving

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:58
Last Modified: 17 Sep 2025 02:58
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5228

Actions (login required)

View Item View Item