NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KEMBARA RINDU

Mulyono, Putri Mulyono (2024) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KEMBARA RINDU. Sarjana thesis, Universitan Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (560kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK.pdf] Text
D. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (562kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (562kB)
[thumbnail of I.  DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (562kB)

Abstract

Putri Mulyono.NPM 06201911030. Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Kembara Rindu. Dibimbing oleh Rahma Djumati (Pembimbing I) dan Syahyunan Pora (Pembimbing II) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang termuat dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy dan untuk mengetahui hubungan psikologi sastra dengan karakter tokoh dalam novel. Jenis penelitian ialah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy. Pengumpulan data menggunakan teknik membaca dan mencatat, dan data dianalisis menggunakan teknik analisis teks. Temuan penelitian menunjukkan bahwa novel ini mengandung sebelas dari delapan belas nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan nilai karakter budaya bangsa, meliputi religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, dan cinta tanah air. Penelitian ini menerapkan teori psikologi sastra untuk menganalisis karakter Ridho dan Syifa, menggunakan pendekatan id, ego, dan superego dalam mengkaji pendidikan karakter mereka. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Psikologi Sastra, Novel

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > Indonesian literature
Divisions: Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Indonesia
Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Indonesia
Fakultas > Ilmu Budaya Sastra Indonesia
Depositing User: Rini 1
Date Deposited: 17 Sep 2025 06:22
Last Modified: 17 Sep 2025 06:22
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5238

Actions (login required)

View Item View Item