ABUBAKAR, CHAIRUNNISSA (2024) ANALISIS LEARNING OBSTACLE DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI NILAI TEMPAT BAGI SISWA KELAS III SD PERTIWI 2 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (198kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (188kB) |
![]() |
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (409kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (309kB) |
Abstract
Chairunnissa Abubakar, 2024. Analisis Learning Obstacle Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Nilai Tempat Bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pertiwi 2 Kota Ternate di bawah bimbingan Dr. Wahid Umar, S.Pd., M.Pd dan Bapak Irfan Hasanuddin, S.Pd.,M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang Learning Obstacle siswa kelas III Sekolah Dasar Pertiwi 2 Kota Ternate dalam menyelesaikan soal matematika materi Nilai Tempat (NT). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus. Subjek penelitian yaitu 25 siswa kelas III Sekolah Dasar Pertiwi 2 Kota Ternate. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan instrumen tes sebanyak 5 soal yang telah divalidasi oleh ahli. Data dianalisis dengan mengikuti serangkaian kegiatan berupa mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami 4 tipe Learning Obstacle pada materi NT yakni Learning Obstacle tipe 1 terkait dengan kesulitan siswa dalam memahami konsep materi NT, Learning Obstacle tipe 2 terkait rasa tidak suka terhadap matematika, Learning Obstacle tipe 3 terkait ketidaksiapan siswa berkaitan dengan masalah yang diberikan dan Learning Obstacle tipe 4 ketidak pahaman siswa dalam menulis lambang bilangan dan menentukan NT. Hasil rekap tes dari 25 siswa kelas III Sekolah Dasar pertiwi 2 Kota Ternate, terdapat 11 siswa menjawab soal nomor 1 dengan benar, soal nomor 2 ada 7 siswa menjawab dengan benar, soal nomor 3 ada 12 siswa menjawab dengan benar, soal nomor 4 ada 11 siswa menjawab dengan benar, dan untuk soal nomor 5 terdapat 9 siswa menjawab dengan benar. Hal ini ada 3 faktor penyebab siswa mengalami Learning Obstcale diantaranya kesiapan siswa dalam belajar, aspek didaktik guru dan pengetahuan siswa yang memiliki konteks terbatas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat penguasaan dari materi NT menunjukkan bahwa siswa kelas III SD Pertiwi 2 Kota Ternate termasuk dalam klasifikasi cukup (71,76%). Kata Kunci : learning obstacle, matematika nilai tempat, siswa SD
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 05:48 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 05:48 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |