MENGKONSTRUKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN TEKNOLOGI AR UNTUK MENINGKATKAN KBKM SISWA SD NEGERI 32 KOTA TERNATE

HURULEAN, FADILA ANNURA (2024) MENGKONSTRUKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN TEKNOLOGI AR UNTUK MENINGKATKAN KBKM SISWA SD NEGERI 32 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (231kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (371kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (268kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (397kB)

Abstract

Fadila Annura Hurulean, 2024 : Mengkonstruksi Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Teknologi AR untuk Meningkatkan KBKM Siswa Kelas IV SD Negeri 32 Kota Ternate. Dibimbing oleh : Bapak Dr. Wahid Umar, S.Pd., M.Pd dan Bapak Anwar Marasabessy,S.Pd.,Gr., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis (KBKM) siswa kelas IV SD Negeri 32 Kota Ternate yang memperoleh pembelajaran matematika realistik (PMR) berbantuan teknologi augmented reality (AR) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa atau konvensional. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design dengan menggunakan dua model pembelajaran yang berbeda. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran menggunakan PMR berbantuan teknologi AR dan kelas kontrol mendapatkan pembelajaran biasa atau konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 32 Kota Ternate, sedangkan jumlah sampel yang dilibatkan sebanyak 60 siswa yang tersebar pada dua kelas yang berbeda, yakni Kelas IV/A sebanyak 30 siswa dan kelas IV/B sebanyak 30 siswa. Kelas IV/A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran melalui PMR berbantuan teknologi AR dan kelas IV/B sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran biasa (PB). Instrumen yang digunakan adalah tes KBKM (5 butir soal uraian) dan pengisian angket skala sikap atau respon siswa terhadap pembelajaran. Analisis data menggunakan uji kolmogrov-smirnov, uji Levene’s test dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui PMR berbantuan teknologi AR lebih baik secara signifikan terhadap peningkatan KBKM dibandingkan siswa yang mendapatkan model PB (pembelajaran biasa). Rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen 48,50 dan untuk kelas kontrol 32,50, sedangkan analisis data posttest dengan bantuan SPSS Statistic versi 26, uji kolmogrof-smirnov rerata hasil 0,059 dan 0,131. Hasil uji normalitas kelas eksperimen menunjukkan nilai probabilitas (sig. 2-tailed) lebih dari taraf signifikansi α = 0,05, yang berarti data berdistribusi normal. Hasil ini juga menemukan bahwa antara KBKM dengan sikap atau respon siswa terhadap PMR berbantuan AR adalah sebagian besar siswa merespon dengan baik. Walaupun banyak ditemui hambatan sat melaksanakan penelitian yaitu lamanya siswa dalam mengerjakan soal, termasuk perlakuan siswa kelas IV SD Negeri 32 Kota Ternate sangat beragam. Kata Kunci:Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Matematika Realistik, Teknologi Augmented Reality

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 06:18
Last Modified: 17 Sep 2025 06:18
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5255

Actions (login required)

View Item View Item