PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMA AL-KHAIRRAT KOTA TERNATE

Umagapi, Rugyani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMA AL-KHAIRRAT KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (93kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (86kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB)

Abstract

Rugyani Umagapi, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Al-Khairrat Kota Ternate. Dr.H. Muhammad Amin, S.Si., M.Eng dan Fitriana Ibrahim, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pemberlajaran tipe student team achievement divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di SMA Al-Khairrat Kota Ternate jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian adalah pre eksperimental one group pretest-posstest dengan isntrumen yang digunakan adalah instrumen soal, angket dan lks. Berdasarkan analisis, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar pada materi ikatan kimia. Hal ini dapat ditunjukkan dengan perolehan rata-rata skor siswa diperoleh sebesar 4,38 meningkat menjadi 25,85. Analisis kelas eksperimen posstest menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung sebesar 11,481 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,782, maka thitung>ttabel. Maka dapat disimpulkan menolak Ho dan Ha diterima, yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Kata kunci: Model Kooperatif Tipe STAD, hasil belajar, ikatan kimia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QD Kimia
Q Science > QD Kimia
Divisions: Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Fakultas > Pendidikan Kimia
Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 17 Sep 2025 06:34
Last Modified: 17 Sep 2025 06:34
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5256

Actions (login required)

View Item View Item