Rusdi, Sarkila (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI SISTEM KOLOID DI SMA NEGERI 5 HALMAHERA TENGAH. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (108kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA & BAHASA INGGRIS .pdf - Published Version Download (88kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (160kB) |
![]() |
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (161kB) |
Abstract
Sarkila Rusdi, 2024. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Literasi Kimia Peserta Didik Kelas XI pada Materi Sistem Koloid di SMA Negeri 5 Halmahera Tengah. Pembimbing. Nurfatimah Sugrah dan Nur Jannah Baturante. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbasis socio scientific issues terhadap kemampuan literasi kimia peserta didik kelas XI pada materi sistem koloid di SMA Negeri 5 Halmahera Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Halmahera Tengah tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 16 siswa yang terdiri hanya satu kelas. Teknik pengambilan sampel digunakan ialah sampling jenuh atau semua populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 13 item yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi kimia peserta didik, dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran yang telah diterapkan. Teknik analisis data, data statistik menggunakan SPSS windosw versional 21.0 signifikan < 0,05 atau 0,000 < 0,05, hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau 4,734 > 1,753 maka Ha di terima dan H0 di tolak. Besar pengaruh model problem based learning berbasis socio scientific issues terhadap kemampuan literasi kimia peserta didik diperoleh dari nilai gain sebesar 50% dengan kategori kurang efektif. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Socio Scientific Issues (SSI), Kemampuan Literasi Kimia, Sistem Koloid
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Kimia Q Science > QD Kimia |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Kimia Fakultas > Pendidikan Kimia Fakultas > Pendidikan Kimia Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 06:50 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 06:50 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5265 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |