PENGARUH MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 32 KOTA TERNATE

SANGADJI, INDIRA (2024) PENGARUH MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 32 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (235kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (378kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan kemampuan numerasi matematis (KNM) siswa Kelas V SD Negeri 32 Kota Ternate yang memperoleh pembelajaran matematika realistik (PMR) berbasis kearifan lokal lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa atau konvensional. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest quasi experiment control group design atau kelompok kontrol pretes-postes dengan menggunakan dua model pembelajaran yang berbeda. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran melalui PMR berbasis kearifan lokal dan kelas kontrol mendapatkan model pembelajaran biasa atau konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 32 Kota Ternate, sedangkan jumlah sampel yang dilibatkan sebanyak 62 siswa yang tersebar pada dua kelas yang berbeda, yakni kelas VA sebanyak 31 siswa dan kelas VB sebanyak 31 siswa. Kelas VA sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran melalui PMR berbasis kearifan lokal dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran biasa (PB). Instrumen yang digunakan adalah tes KNM (5 butir soal uraian) dan pengisian angket skala sikap atau respon siswa terhadap pembelajaran. Analisis data menggunakan uji kolmogrovsmirnov, uji Levene‟s test dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui PMR berbasis kearifan lokal lebih baik secara signifikan terhadap peningkatan KNM dibanding siswa yang mendapatkan model PB (pembelajaran biasa). Rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen 45,32 dan untuk kelas kontrol adalah 37,90. Sedangkan analisis data posttest dengan bantuan SPSS Statistics versi 26, untuk uji kolmogrov-smirnov rerata hasilnya 0,052 dan 0,056. Hasil uji normalitas kelas eksperimen menunjukkan nilai probabilitas (sig. 2-tailed) kurang dari taraf signifikansi = 0,05, yang berarti bahwa data tidak berdistribusi normal, sedangkan untuk kelas PB atau kelas konvensional nilai probabilitas (sig. 2-tailed) lebih dari taraf signifikansi = 0,05, yang berarti data berdistribusi normal. Hasil penelitian ini, juga menemukan bahwa antara KNM dengan sikap atau respon siswa terhadap PMR berbasis kearifan lokal adalah sebagian besar siswa merespon dengan baik. Walaupun ada ditemui hambatan saat melaksanakan penelitian yaitu lamanya siswa dalam mengerjakan LKPD, termasuk perlakuan siswa kelas V SD Negeri 32 Kota Ternate beragam. Kata Kunci: Peningkatan, kemampuan numerasi matematis, PMR, kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 17 Sep 2025 06:47
Last Modified: 17 Sep 2025 06:47
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5270

Actions (login required)

View Item View Item