. JAFAR, LISA ALFIRA F (2024) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS II SD PERTIWI 2 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (213kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (187kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (297kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (298kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi pengurangan bilangan bulat dan, 2) mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas II SD Pertiwi 2 Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data tes dan wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 19 siswa di kelas II SD Pertiwi 2 Kota Ternate. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa tidak hanya terletak pada aspek teknisi penghitungan, tetapi juga pada pemahaman konsep dasar yang mendasari operasi tersebut. Kesulitan konsep, banyak siswa kesulitan memahami bahwa mengurangi bilangan negatif sama dengan menjumlahkan. Kesulitan operasi, siswa mengalami masalah dalam melakukan langkah-langkah matematis yang diperlukan untuk menyelesaikan pengurangan. Kesulitan prinsip, kurangnya strategi penyelesaian masalah sehingga siswa sering kali tidak memiliki strategi yang jelas untuk menyelesaikan soal pengurangan. Mereka mungkin tidak tau langkah-langkah apa yang harus diambil setelah setelah membaca soal, sehingga menyebabkan kebingunan dan kesalahan dalam perhitungan. Kesulitan fakta, siswa belum memahami apa itu bilangan bulat, termasuk kategori bilangan positif, negatif, dan nol. Kebingunan ini dapat menghambat kemampuan mereka untuk melakukan operasi pengurangan dengan benar. Selain itu ada 4 faktor penyebab kesulitan belajar yang mempengaruhi kurangnya minat belajar siswa yaitu: 1). Kurangnya konsentrasi pada saat proses pembelajaran matematika berlangsung; 2). Rendahnya pemahaman konsep siswa; 3). Kesulitan dalam memahami soal pengurangan yang tandanya berbeda; dan 4). Kesulitan dalam memahami soal cerita dan mengubahnya ke dalam bentuk matematika. Kata Kunci: Analisis Kesulitan,Faktor Penyebab,Operasi Bilangan Bulat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 06:54 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 06:54 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |