BOBRIKIT, SUSANTI (2024) DESAIN DAN PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS KONTEKS MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI KONSEP PECAHAN KELAS III SD. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER .pdf - Published Version Download (240kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (312kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (290kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (286kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektivan desain dan pengembangan modul ajar kurikulum merdeka berbasis konteks matematika realistik untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran kelas III SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan/ research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket, soal tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa penggunaan modul ajar kurikulum merdeka berbasis konteks matematika realistik di desain dinyatakan valid, praktis dan efektif bagi siswa kelas III SD pada materi konsep pecahan. Hal ini ditujukkan dengan perolehan rata-rata skor kevalidan modul ajar kurikulum merdeka 93,65%, rata-rata skor kepraktisan modul ajar kurikulum merdeka 93,88% dan rata-rata skor keefektivan modul ajar diperoleh dari asesemen sumatif hasil belajar siswa dengan rata-rata 77. Penggunaan modul ajar kurikulum merdeka berbasis konteks matematika realistik dapat dikategorikan valid, praktis dan efektif, hal ini berdasarkan perolehan rata-rata skor yang telah diujicobakan. Kata Kunci: Desain, ADDIE, Modul Ajar, RME, Konsep Pecahan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 00:35 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 00:35 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5290 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |