Rasid, Asrinto (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN KEYAKINAN DIRI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV). Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (37kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (121kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (243kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (135kB) |
Abstract
Asrinto Rasid, 2024. “Keefektifan model Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan keyakinan diri siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV)” (suatu penelitian pada siswa kelas X SMA Negeri 8 kota Ternate tahun pelajaran 2023//2024). di bawah bimbingan Nurma Angkotasan, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Hasan Hamid, M.Si. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana kemampuan berpikir reflektif matematis siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL). (2) Bagaimana keyakinan diri siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL). (3) Apakah model Problem Based Learning (PBL) efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan keyakinan diri siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini dengan rancangan two groups pretest-posttest design, instrumen yang digunakan berupa soal tes dan angket siswa. Sampel yang diambil adalah siswa kelas X-A berjumlah 30 siswa dan kelas X-B berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara melihat skor yang dipe roleh dari masing-masing kelas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut kemampuan berpikir reflektif matematis pada uji normalitas tes akhir diperoleh sampel tidak berdistribusi normal, maka pengujian non parametrik yaitu uji tanda untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen Zh = 28,03 berarti Zh > dan Ho ditolak H1 diterima artinya kemampuan berpikir reflektif matematis siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) efektif. Keyakinan diri siswa dalam pengujian hipotesis menggunakan uji independent sampel test, nilai thitung = 8,575 pada taraf signifikan 0,05, dan dk = (n-1) diperoleh ttabel = 2,001. maka thitung > ttabel = sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, artinya penerapan model Problem Based Learning (PBL) efektif, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan keyakinan diri siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Berpikir Reflektif Matematis,
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Matematika Q Science > QA Matematika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 01:45 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 01:45 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |