DUWILA, FIRZA (2024) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DI TK KEMALA BHAYANGKARI 01 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (34kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (13kB) |
![]() |
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (386kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (220kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan kecerdasan musikal anak dalam kegiatan ekstrakulikuler Drumband di TK Kemala Bhayangkari 01 Kota Ternate. Metode dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan objek penelitian berdasarkan data dan fakta sebenarnya, serta menganalisanya melalui konsep-konsep yang telah dikembangkan sebelumnya dengan peneliti sebagai instrument itu sendiri dalam memecahkan permasalahanya. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru kelas dan 1 guru pelatih dan siswa kelas B di TK Kemala Bhyangkari 01 Kota Ternate yang berjumlah 10 anak,dengan jumlah perempuan 5 dan laki-laki 5 berusia 5-6 Tahun. teknik pengumpulan data yang di lakukan adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data,reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1); Dari hasil wawancara pada indikator guru sebagai pengajar, cara guru melatih anak agar mudah mengingat ketukan/tempo instrument yaitu secara berulang ulang guru ajarkan agar anak mampu menghafal. Dapat dilihat pada observasi guru sebagai pengajar pada Kemampuan anak dalam mengingat tehnik pukulan drumband, terdapat 6 anak yang muncul karena anak sudah memahami, dan 4 anak yang tidak muncul, dan Kemampuan anak dalam memainkan alat musik drumband, terdapat 6 anak yang muncul, karena ank memahami apa yang guru ajarkan, dan 4 anak yang tidak muncul. Kemampuan anak belajar dengan iringan musik drumband, terdapat 5 anak yang muncul dalam mengingat ketukan/tempo, dan 5 anak yang tidak muncul, 2); Dari hasil wawancara pada indikator guru sebagai fasilitator yaitu peran guru dalam melatih anak untuk bisa memainkan drumband sangat penting dan kita sebagai guru harus mampu menjadi contoh. Dapat dilihat pada observasi guru sebagai fasilitator pada kemampuan Kemampuan anak dalam memukul alat musik drumband, terdapat 6 dari 10 anak yang muncul karena anak-anak sudah paham, dan 4 anak yang tidak muncul.Kerjasama tim dalam kegiatan drumband terdapat 1 dari 10 anak yang muncul dalam Kerjasama tim, dan 9 anak yang tidak muncul, dan kemampuan anak dalam menghafal ketukan untuk, terdapat 4 anak yang muncul dalam menghafal ketukan, dan 6 anak yang tidak muncul. Kata kunci: Peran guru dalam mengembangkan kecerdasan musikal, Ekstrakurikuler, Drumband, Anak
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QM PG-Paud Q Science > QM PG-Paud |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 01:14 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 01:14 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |