ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS SWASTA PENGEMBANGAN KULABA DAN CARA MENGATASINYA

Ade, Firda (2024) ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS SWASTA PENGEMBANGAN KULABA DAN CARA MENGATASINYA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (105kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (159kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (255kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB)

Abstract

Firda Ade, 2024. Analisis Kecemasan Matematis Siswa Kelas VIII MTs. Swasta Pengembangan Kulaba dan Cara Mengatasinya. (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII MTs. Swasta Pengembangan Kulaba Tahun Ajaran 2023/2024. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Karman La Nani, S.Pd., M.Si dan Bapak Ahmad Afandi, S.Pd., M.Pd. Kecemasan matematis merupakan kecemasan yang dirasakan siswa terhadap mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kecemasan matematis siswa dan cara dalam mengatasnya. Penelitian deskriptif kualitatif ini menjadikan siswa kelas VIII MTs. Swasta Pengembangan Kulaba sebagai subyek yang diteliti. Data diperoleh dengan memberikan angket kecemasan matematis berdasarkan indikator kecemasan secara fisik, behavioral, dan kognitif serta wawancara untuk memperoleh faktor penyebab dan solusi mengatasinya. Data kecemasan matematis yang diperoleh dianalisis secara diskriptif kualitatif untuk menggambarkan persentasi kecemasan matematis yang dialami siswa. Hasil penelitian bahwa terdapat 56,15 % siswa mengalami kecemasan matematis dan 43,84% tidak mengalami kecemasan matematis saat mengikuti pembelajaran matematika. Ditinjau dari indikator kecemasan matematis terdapat 39,43% mengalami kecemasan matematis secara fisik, 50,53% secara behaviour, dan 63,46% secara kognitif. Siswa mengalami kecemasan matematis menurut indicator secara fisik dialami siswa sehubungan dengan gelisa saat pelajaran matematika berlangsung, jantung terasa berdebar dan sering buang air kecil. Siswa mengalami kecemasan matematis menurut indiator kecemesan behaviour sehubungan dengan menundukan kepala agar tidak terlihat saat guru mengajukan pertanyaan, takut bertanya saat pembelajaran matematika, merasa panik karena tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR), dan mengharapkan pelajaran matematika cepat berakhir dan berganti dengan pelajaran lainnya. Siswa mengalami kecemasan matematis pada indikator kognitif sehubungan dengan merasa khawatir ditunjuk guru, mendapatkan nilai rendah, takut disoraki teman, berpikir tidak menyelesaikan soal matematika dengan baik, takut dimarahi guru jika mendapatkan dilai rendah dan tulisannya kurang bagus, mengalami kebingungan menjawab soal matematika yang diberikan guru, serta tidak fokus saat pelajar matematika. Kata Kunci: Kecemasan Matematis Siswa, Solusi Mengatasi Kecemasan Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 18 Sep 2025 01:45
Last Modified: 18 Sep 2025 01:45
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5305

Actions (login required)

View Item View Item