DIN, SAFIRA (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK KARTIKA JAYA XIII-9 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (23kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (131kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (86kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi pendidikan karakter pada usia 4-5 tahun di TK Kartika Jaya XIII-9 Kota ternate, dan mengetahui apakah karakter dapat di ajarkan pada anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif subjek dalam penelitian ini sebanyak 2 orang guru kelas TK Kartika Jaya XIII-9 Kota Ternate dan 14 orang anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang Implementasi pendidikan karakter pada anak usia 4-5 tahun di TK Kartika Jaya XIII-9 Kota Ternate, disimpulkan bahwa Indikator: 1) Kejujuran: guru berperan penting dalam mendidik kejujuran anak dengan memberikan contoh yang nyata dalam tindakan dan perkataan sehari-hari, karena anak cenderung meniru perilaku guru. 3 dari 19 anak di antaranya belum menunjukkan sikap jujur 2) kedisiplinan: Guru membimbing anak memahami pentingnya disiplin dengan memberi intruksi yang jelas, tegas, dan konsisten. Anak-anak diajarkan mengikuti petunjuk tersebut untuk mengembangkna tanggung jawab dan disiplin dalam kehidupan sehari-hari. 3) toleransi: Guru mengajarkan toleransi kepada anak dengan mencontohkan sikap baik, mendorong mereka untuk mudah bergaul, serta menciptakan suasana tenang guru juga mengajarkan anak untuk bekerja sama dengan orang yang berbeda dan saling menghormati. 4) Kemandirian: : Guru menanamkan sikap kemandirian pada Anak dengan memberi kesempatan kepada anak untuk mengambil keputusan sesuai kemampuan anak seperti mengambil buku dan menulis sendiri serta menyelesaikan tugas secara mandiri. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini,
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QM PG-Paud Q Science > QM PG-Paud |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 01:41 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 01:41 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5316 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |