ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI DI KELAS A TK AL-KHAIRAT BASTIONG

JIBU, SAPNA (2024) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI DI KELAS A TK AL-KHAIRAT BASTIONG. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (213kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (388kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (403kB)

Abstract

Sapna Jibu, 2024. Analisis Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Kasara melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Di Kelas A TK Al-Khairaat Bastiong. Pembimbing: Nurhamsa Mahmud, S.Pd.,M.Pd dan Winda oktaviani, S.pd,.M.pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam mengembangakan motorik kasar melalaui permainan tradisional lompat tali di kelas A TK al-khairaat bastiong. Studi ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus data di kumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa yang terlibat dalam kegiatan permaian lompat tali. Dari hasil penelitian yang di dapatkan dari observasi dan wawancara dapat di simpulkan peran guru PAUD di Tk al-khairaat Bastiong Kecamatan Ternate Selatan, di dapatkan bahwa pertama guru melakukan peranya sebagai pendidik dalam proses pembelajan sangat baik seperti guru sebagai fasilitator dan mediator atau menyediakan alat dan media belajar yang mengembangan motorik kasar pada anak. saat mealukan peneliti menemukan masih terdapat 4 anak yang kinerjanya buruk dan 14 anak memiliki kreteria yang di harapkan. Seperti kaki anak belum kuat melompat dan mendarat maka kita sebagai guru paud berperan penting dalam membantu anak mengembangkan kemampuan motorik kasarnya. Mulailah dengan kegiatan melompat yang lebih mudah, tingkatkan secara bertahap sesuai kemampuan anak, dan berikan pujian serta dorongan positif untuk meningkatkan rasa percaya diri anak. Dukungan dan bimbingan yang tepat akan membantu anak mencapai kemajuan yang signifikan. Kata kunci : peran guru, motorik kasar, permainan tradisional lompat tali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 01:46
Last Modified: 18 Sep 2025 01:46
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5319

Actions (login required)

View Item View Item