MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI INDONESIA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA TERNATE

SAMAN, SAMAN (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI INDONESIA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (57kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (31kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (142kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada materi kegiatan ekonomi Indonesia kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate. Penelitan ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup :(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi, tes, serta dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif. Obyek penelitianya yaitu siswa kelas V SD Negri 52 Kota Ternate. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi Indonesia, dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate. Hal ini dapat dilihat pada siklus I, siswa yang dikatakan tuntas 30% atau 6 siswa, dengan nilai rata-rata yang diperoleh 60,9% sedangkan pada siklus II terjadi pengkatan siswa yang tuntas 85% atau 17 siswa dengan nilai rata-rata82,5%. Aktifitas siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 50% dan siklus II nilai rata-rata 82,69%. Serta aktifitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 53,57% dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 83,92%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada materi kegiatan ekonomi Indonesia, dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate. Kata Kunci :Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 05:24
Last Modified: 18 Sep 2025 05:24
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5342

Actions (login required)

View Item View Item