Wahab, Filma (2024) ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) PAUD TELKOM TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. Cover.pdf - Published Version Download (93kB) |
![]() |
Text
C. Abstrak Indonesia, Inggris.pdf - Published Version Download (350kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (216kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (222kB) |
Abstract
Filma Wahab, 2024. Analisis Perkembangan Bahasa Anak Di Tempat Penitipan Anak (TPA) PAUD Telkom Ternate. Pembimbing: Nurhamsa Mahmud, S.Pd.,M.Pd dan Dr. Rosita Wondal, S.Pd., M.Pd Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Peran Pengasuh Tempat Penitipan Anak (TPA) dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak Di PAUD Telkom Ternate. Tipe penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 2 orang pengasuh di PAUD Telkom Ternate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan observasi dan wawancara yang peneliti dapatkan terkait dengan analisis peran pengasuh tempat penitipan anak (TPA) Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Di PAUD Telkom Ternate, yakni dengan : Di TPA Paud Telkom anak yang dititipkan berusia 0-10 bulan, 10-13 bulan, 18-24 bulan, dan 20-30 bulan. Anak-anak belum mampu berkomunikasi secara verbal, mereka masih dalam tahap perkembangan awal di mana ekspresi mereka hanya berupa tangisan dan ocehan. Pengasuh Di TPA PAUD Telkom mampu memahami kebutuhan dasar anak. Pengasuh di TPA mengajarkan katakata yang baik dan panggilan yang sopan, sehingga kata-kata pertama yang diucapkan anak-anak keluar dengan baik. Salah satu metode yang digunakan adalah pengulangan kata-kata seperti „mama‟ dan „papa‟, yang sudah dikenal oleh anak-anak sebelum mereka dibawa ke TPA. Anak ada yang sudah mampu menggabungkan kata-kata dengan baik, seperti membuang sampah namun, ada juga yang belum lancar dalam mengombinasikan kata-kata tersebut. Anak- anak pada usia umumnya belum mampu dan sudah mampu mengucapkan kalimat dengan menggunakan 4-3 kata secara maksimal. Pengasuh kelas umumnya menstimulasi pengembangan tata bahasa anak dengan cara menggunakan ucapan yang sopan dan tidak kasar, karena anak-anak rentan meniru bahasa yang mereka dengar disekitar mereka. Kata Kunci: Mestimulasi, Bahasa Anak
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QM PG-Paud Q Science > QM PG-Paud |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud Fakultas > Pendidikan Pg_Paud |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 06:01 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 06:01 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5343 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |