PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI SMA NEGERI 3 KOTA TERNATE

KAIMUDIN, SINTIA (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI SMA NEGERI 3 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (194kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (385kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB)

Abstract

Sintia Kaimudin,2024. Penerapan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 3 Kota Ternate. Pembimbing Dr. Dharmawaty M Taher, S.Pd., M.Si dan Dr. Bahtiar , S.Pd., M.Si. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menjadikan sebuah masalah yang diambil dari lingkungan sekitar siswa menjadi pokok bahasan didalam pembelajaran yang kemudian diselesaikan dan ditemukan solusi nya secara bersama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk video animasi sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 3 Kota Ternate layak untuk digunakan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Kota Ternate setelah menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Urutan kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini mencakup: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Observasi, 4). Refleksi. Berdasarkan data dari uji kelayakan produk vidio animasi menunjukan bahwa produk video animasi layak untuk digunakan. Berdasarkan data dari hasil peneltian menunjukan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Animasi Di SMA Negeri 3 Kota Ternate dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I, dari 28 siswa yang mengikuti proses pembelajaran hanya terdapat 11 siswa atau 39% yang dapat mencapai nilai KKM, dengan nilai ratarata yang diperoleh 53,93. Sedangkan pada siklus II terjadi peningakatan siswa yang tuntas yaitu sebanyak 26 siswa atau 93% yang berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata 84,29. Peningakatan ketuntasan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh aktivitas siswa dan guru . Berdasarkan pada hasil pengamatan aktivitas siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada siklus II mengalami peningkatan dari 77% menjadi 100%. Hal ini disebabkan karena aktivitas guru pada siklus II juga telah mengalami peningakatan dari 77% menjadi 92%. Dengan demikian penerepan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video animasi pada materi sistem gerak pada manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Kota Ternate. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learing, Sistem Gerak, Video Animasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:12
Last Modified: 18 Sep 2025 06:12
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5360

Actions (login required)

View Item View Item