PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL (CIRC) Cooperative Integrated Reading and Composition UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 KOTA TERNATE PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

ISKANDAR, ULFA (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL (CIRC) Cooperative Integrated Reading and Composition UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 KOTA TERNATE PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (14kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model CIRC. Dilakukan selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kota Ternate yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada materi sistem ekskresi pada manusia. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan perolehan hasil belajar. Pada tahap siklus I terdapat 7 siswa yang mencapai nilai KKM dengan persentase 28% dan 72% siswa yang belum mencapai nilai KKM, aktivitas guru 54%, dan aktivitas siswa 46%. Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana terdapat 24 siswa yang mencapai nilai KKM dengan persentase 96% dan 1 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan persentase 4%, aktivitas guru meningkat menjadi 85%, dan aktivitas siswa 85%. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model CIRC pada materi sistem ekskresi pada manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat dinyatakan berhasil. Kata Kunci : hasil belajar siswa, kooperatif, model CIRC

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:16
Last Modified: 18 Sep 2025 06:16
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5361

Actions (login required)

View Item View Item