Laode. T, Chintya Ochtafya A. (2024) PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP PENGEMBANGAN OBJEK WISATA (STUDI KASUS: PANTAI TELAGA NITA, KELURAHAN SULAMADAHA, KECAMATAN TERNATE BARAT). Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (35kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10kB) |
![]() |
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (126kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (126kB) |
Abstract
Persepsi pengunjung terhadap pengembangan objek wisata sangat diperlukan karena dengan adanya masukan dari pengunjung dapat meningkatkan pengembangan pariwisata dan ekonomi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap pengembangan objek wisata Pantai Telaga Nita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian case study (studi kasus). Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung dan sampel yang digunakan berjumlah 30 orang dalam teknik menentukan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung dan menggunakan angket untuk wisatawan yang berkunjung. Hasil analisis data penelitian dan perhitungan yang telah dilakukan bahwa persepsi pengunjung terhadap objek wisata Pantai Telaga Nita Kelurahan Sulamadaha Kecamatan Ternate Barat, dilihat dari aktivitas wisata terdapat penilaian pengunjung memiliki persentase 96%, kondisi kebersihan persentase 62%, kondisi fisik sarana prasarana persentase 50%, kondisi aksesibilitas persentase 18%, dan kondisi infrastruktur persentase 50%. Sehingga memiliki persentase keseluruhan 55,2% dengan rerata 2,76 termasuk pada kategori cukup. Hal ini dikarenakan, ada beberapa fasilitas yang rusak seperti kantin/ foodcourt, toilet/kamar ganti, gazebo, musholla, tempat sampah, aksesibilitas dan ada fasilitas yang belum disediakan seperti pos loket masuk, petunjuk jalan, dan jaringan listrik. Sehingga harus diperbaiki dan disediakan karena fasilitas tersebut sering digunakan oleh wisatawan yang berkunjung. Kata Kunci: Persepsi Pengunjung, Pengembangan, Pariwisata
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QE Geology Q Science > QE Geology |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Fakultas > Pendidikan Geografi Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 06:41 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 06:41 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |