PENERAPAN TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD GMIH BALISOAN KECAMATAN SAHU KABUPATEN HALMAHERA BARAT

YUNGA, STEVIE (2019) PENERAPAN TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD GMIH BALISOAN KECAMATAN SAHU KABUPATEN HALMAHERA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (55kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (107kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Stevie Yunga 2019.Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD GMIH Balisoan Kecamatan Sahu Kabupaten Halmahera Barat.Dibimbing oleh: Dr.Wahid Umar,M.Pd dan Dr.Umar M. Sadjim M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Pecahan pada siswa kelas IV SD GMIH Balisoan Kecamatan Sahu kabupaten halmahera barat pada materi pecahan melalui tiga tahapan penerapan teori belajar Bruner.teknik pengumpulan data adalah tes,observasi dan dokumentasi.Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD GMIH Balisoan Kecamatan Sahu Kabupaten halamahera barat,dengan jumlah 25 siswa.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus selama empat kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran teori bruner dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD GMIH Balisoan kecamatan Sahu, kabupaten halmahera barat dengan materi pecahan.peningkatan hasil belajar ditunjukan oleh peningkatkan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes .hasil rata-rata pada siklus I adalah 54,92%.kemudian pada siklus II meningkatkan menjadi 70,72%.Pada aktivitas guru siklus I diperoleh nilai rata-rata 56,25% dan siklus II meningkat menjadi 100%.dengan demikian Penerapan teori bruner dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV SD Gmih Balisoan Kecamatan Sahu Kabupaten Halmahera Barat. kata kunci :Teori Belajar Bruner ,Pemahaman Konsep Pecahan Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 19 Sep 2025 00:05
Last Modified: 19 Sep 2025 00:05
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5388

Actions (login required)

View Item View Item