ANALISIS PERAN GURU DALAM KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI TK NEGERI PEMBINA 6 KOTA TIDORE KEPULAUAN

Yakub, Nunung (2024) ANALISIS PERAN GURU DALAM KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI TK NEGERI PEMBINA 6 KOTA TIDORE KEPULAUAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER .pdf] Text
A. COVER .pdf - Published Version

Download (99kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA & BAHASA INGGRIS .pdf] Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA & BAHASA INGGRIS .pdf - Published Version

Download (144kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (164kB)

Abstract

Nunung Yakub,2024. Analisis Peran Guru Dalam Kemandirian Anak Usia Dini Tk Negeri Pembina 6 Kota Tidore Kepulauan. Pembimbing Bahran Taib, S.Psi., M.Si dan Umikalsum Arfa, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Peran Guru Dalam Kemandirian Anak Usia Dini Tk Negeri Pembina 6 Kota Tidore Kepulauan.. Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dilakukan pada subjek penelitian berjumlah 2 orang guru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan pelaksanaan bimbingan dan konseling pada anak autis yang dilakukan yaitu : indikator 1) Guru Sebagai Pembimbing dalam hal ini guru membimbing anak melalui pemberian pujian, melatih anak untuk membuat keputusan dan konsekuensi dari keputusan yang telah di ambil serta menekankan babwa setiap pilihan yang dibuat tidak dapat diubah. 2) Guru sebagai fasilitator, guru menyediakan berbagai media seperti gambar, alat peraga, media onlne, huruf, angka, balok, dan warna untuk mendukung pembelajaran.3) Guru sebagai model atau teladan, guru berusaha untuk memberikan contoh yang baik bagi anak-anak dengan menunjukan sikap kepedulian, kedisiplinan, kejujuran dan tanggung jawab. 4) Guru sebagai pendidik dalam hal ini guru berperan aktif dalam mendidik dan mengajarkan sikap saling memaafkan, dan melatih anak-anak untuk bertanggung jawab dengan mengembalikan main setelah selesai bermain serta membiarkan anak bereksplorasi untuk meningkatkan kemandiriannya. Kata Kunci : Peran Guru, Kemandirian anak usia dini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: > Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:03
Last Modified: 19 Sep 2025 06:03
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5395

Actions (login required)

View Item View Item