Doofa, Nurlian (2024) LAYANAN PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA ANAK AUTIS DI TK LB NEGERI KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (92kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (89kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (157kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (166kB) |
Abstract
Nurlian Doofa, 2024. Layanan Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Pada Anak Autis Di TK LB Negeri Kota Ternate. Pembimbing Fatoni Achmad S.Pd.I.,M.Pd.I Dan Yulia Novita Sari, S.Pd.M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan pelaksanaan bimbingan dan konseling pada anak autis di TK LB Negeri Kota Ternate. Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dilakukan pada subjek penelitian berjumlah 2 orang guru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan pelaksanaan bimbingan dan konseling pada anak autis yang dilakukan yaitu : Indikator 1) identifikasi kebutuhan. guru mengidentifikasi kebutuhan anak autis dengan menggunakan pendekatan individual terutama dalam hal berkomunikasi. Selain itu guru juga menyadari akan kurangnya ketersedian fasilitas seperti ruangan dan alat-alat yang dapat memenuhi kebutuhan anak autis. 2). Perencanaan kegiatan bimbingan dan konseling.guru merancang kegiatan bimbingan dan konseling disesuaikan dengan minat, konsentrasi dan kemampuan anak dalam belajar dengan menerapkan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi dan komunikasi anak autis. 3). Pelaksanaan bimbingan dan konseling. Guru melaksanakan bimbingan dan konseling menggunakan pendekatan bermain, bernyanyi dan pengenalan warna dengan teknik permainan dan teknik stimulus respon, serta penggunaan metode terapi analisis dan ABA (Applied Behavior Analysis). 4). Penilaian kegiatan bimbingan dan konseling penilaian layanan dinilai dari hasil kerja anak serta konsentrasi anak dalam melakukan tugas dan pengulangan materi yang sudah diajarkan pada anak. Kata Kunci : Bimbingan Dan Konseling, Anak Autis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QM PG-Paud Q Science > QM PG-Paud |
Divisions: | > Pendidikan Pg_Paud > Pendidikan Pg_Paud > Pendidikan Pg_Paud |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 06:04 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 06:04 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |