LAYANAN PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA ANAK AUTIS DI TK LB NEGERI KOTA TERNATE

Doofa, Nurlian (2024) LAYANAN PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA ANAK AUTIS DI TK LB NEGERI KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (157kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB)

Abstract

Nurlian Doofa, 2024. Layanan Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Pada Anak Autis Di TK LB Negeri Kota Ternate. Pembimbing Fatoni Achmad S.Pd.I.,M.Pd.I Dan Yulia Novita Sari, S.Pd.M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan pelaksanaan bimbingan dan konseling pada anak autis di TK LB Negeri Kota Ternate. Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dilakukan pada subjek penelitian berjumlah 2 orang guru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan pelaksanaan bimbingan dan konseling pada anak autis yang dilakukan yaitu : Indikator 1) identifikasi kebutuhan. guru mengidentifikasi kebutuhan anak autis dengan menggunakan pendekatan individual terutama dalam hal berkomunikasi. Selain itu guru juga menyadari akan kurangnya ketersedian fasilitas seperti ruangan dan alat-alat yang dapat memenuhi kebutuhan anak autis. 2). Perencanaan kegiatan bimbingan dan konseling.guru merancang kegiatan bimbingan dan konseling disesuaikan dengan minat, konsentrasi dan kemampuan anak dalam belajar dengan menerapkan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi dan komunikasi anak autis. 3). Pelaksanaan bimbingan dan konseling. Guru melaksanakan bimbingan dan konseling menggunakan pendekatan bermain, bernyanyi dan pengenalan warna dengan teknik permainan dan teknik stimulus respon, serta penggunaan metode terapi analisis dan ABA (Applied Behavior Analysis). 4). Penilaian kegiatan bimbingan dan konseling penilaian layanan dinilai dari hasil kerja anak serta konsentrasi anak dalam melakukan tugas dan pengulangan materi yang sudah diajarkan pada anak. Kata Kunci : Bimbingan Dan Konseling, Anak Autis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: > Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:04
Last Modified: 19 Sep 2025 06:04
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5401

Actions (login required)

View Item View Item