MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUKU KATA PADA SISWA KELAS 1 MIS NURUDDIN MARIKURUBU KOTA TERNATE (Penelitian Tindakan Kelas di MIS Nuruddin Marikurubu Kota Ternate)

MAYNUR, WAN APRIANI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUKU KATA PADA SISWA KELAS 1 MIS NURUDDIN MARIKURUBU KOTA TERNATE (Penelitian Tindakan Kelas di MIS Nuruddin Marikurubu Kota Ternate). Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of CAFER.pdf] Text
CAFER.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (30kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (111kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Wan Apriani Maynur. 2019. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Suku Kata Pada Siswa Kelas 1 MIS Nuruddin Marikurubu Kota Ternate. Dibimbing olehKodrat Hi Karim S.Pd., M.Pd. Selaku pembimbing I dan Suhardi Abdullah S.Pd., M.Hum. Selaku pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Untuk mengetahui hasil penerapan dari metode sukukata pada siswakelas1 MIS Nuruddin Marikurubu Kota Ternate 2). Untuk mendeskripsikan proses penerapan dengan menggunakan metode suku kata pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1 MIS Nuruddin Marikurubu Kota Ternate. Penelitian ini adalah Penellitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianallisis menggunakan rumus persentasi. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 MIS Nuruddin Marikurubu Kota Ternate yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 10 perempuan dan 8 laki-laki. Berdasarkan hasil observasi bahwa hasil belajar individu dan kelompok dapat ditunjukan dengan terjadinya keaktifan siswa dalam kemampuan membaca permulaan pada saat penerapan pembelajaran dengan menerapkansuku kata. Pada kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I yang tuntas 66,67% dengan persentase 74,45%, dan pada siklus II terdapat peningkatan 88,89% dengan persentase 87,78%. Berdasarkan proses belajar mengajar peneliti pada siklus I dengan menerapkan suku kata, yaitu 60% dan pada siklus II, yaitu 95%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dengan menerapkan suku kata, yaitu 70% dan pada siklus II, yaitu 90%. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode Suku Kata

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with username yurni
Date Deposited: 19 Sep 2025 00:48
Last Modified: 19 Sep 2025 00:48
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5406

Actions (login required)

View Item View Item