PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI KEMAMPUAN BERBAHASA DAERAH TERNATE PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KELURAHAN TOBOLOLO KECAMATAN TERNATE BARAT

Wardian, Pipit (2024) PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI KEMAMPUAN BERBAHASA DAERAH TERNATE PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KELURAHAN TOBOLOLO KECAMATAN TERNATE BARAT. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of 01. COVER.pdf] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (43kB)
[thumbnail of 04. ABSTRAK.pdf] Text
04. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35kB)
[thumbnail of 06. BAB 1.pdf] Text
06. BAB 1.pdf - Published Version

Download (165kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK Pipit Wardian, 2024. Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Kemampuan Berbahasa Daerah Ternate Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelurahan Tobololo Kecamatan Ternate Barat, Dosen Pembimbing Rita Samad, S.Pd.,M.Pd Dan Winda Oktaviani, S.Pd.,M.Pd. Tujuan penelitian ini ialah teruntuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi kemampuan berbahasa daerah Ternate pada anak usia 4-5 tahun di kelurahan Tobololo kecamatan Ternate Barat. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan 5 anak serta 3 orang tua sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan ialah observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan yang ditarik/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai peran orang tua dalam memotivasi kemampuan berbahasa daerah ternate pada anak usia 4-5 tahun di kelurahan tobololo ternate barat kesimpulannya : indikator 1) peran orang tua sebagai pembimbing, Bimbingan dalam keluarga dengan cara membantu, melatih, dan mendidik, saat mereka memiliki kesulitan dalam berbahasa daerah yang sedang di hadapi anak. Hasil observasi terhadap 5 orang anak dapat dilihat bahwa, anak sudah mendapatkan bimbingan belajar yang efektif dan sudah paham bahasa daerah Ternate. Indikator 2) peran orang tua sebagai motivator, bentuk motivasi yang di berikan berupa pujian, selalu memberikan apresiasi dan dorongan agar anak lebih bersemangat lagi untuk belajar bahasa daerah serta membantu anak-anak ketika ia sedang mendapatkan masalah dalam berbahasa. Hasil observasi terhadap 5 orang anak. Anak sudah mulai lancar dalam pengucapan bahasa daerah Ternate, Indikator 3) peran orang tua sebagai fasilitator, orang tua memfasilitasi seluruh kepentingan yang anak perlukan sebaik mungkin seperti, tempat belajar, alat tulis, buku belajar bahasa daerah, serta kepentingan lain yang bisa mempermudah prosedur pembelajaran. Hasil observasi terhadap 5 orang anak bahwa anaak telah mendapatkan fasilitas yang baik dari orang tuanya. iii Kata Kunci: Peran Orang Tua, Bahasa Daerah Ternate, Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: > Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
> Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:04
Last Modified: 19 Sep 2025 06:04
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5414

Actions (login required)

View Item View Item