IMPLEMENTASI KEGIATAN MENJAHIT DALAM PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK ALKHAIRAAT BASTIONG

Sarif, Sartilka (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN MENJAHIT DALAM PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK ALKHAIRAAT BASTIONG. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (107kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA & BAHASA INGGRIS.pdf] Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA & BAHASA INGGRIS.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB)

Abstract

Sartilka Sarif, 2024. Implementasi Kegiatan Menjahit Dalam Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Di TK Alkhairaat Bationg. Pembimbing Bahran Taib, S.Psi., M.Si dan Winda Oktaviani, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan motorik halus anak melalui kegiatan menjahit. Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dilakukan pada subjek penelitian sebanyak 2 orang yaitu guru kelas B1, kelas B3 dan 17 anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan menjahit dalam perkembangan motorik halus, pada indikator motorik halus diantaranya kemampuan menggunakan alat tulis, anak telah mampu menggunakan alat tulis setelah melakukan kegiatan menjahit, dapat membantu anak memegang pensil dengan baik, memegang atau meramas kertas dengan kuat sehingga anak sudah mempunyai kesiapan menulis. Kemampuan meniru bentuk dalam melakukan kegiatan ini anak-anak akan menjahit sesuai dengan pola yang sudah disiapkan yaitu pola bentuk baju, celana, topi dan bendera, anak-anak telah mampu meniru bentuk-bentuk yang diberikan guru setelah melakukan kegiatan menjahit. Kemampuan menggunting pola pada kegiatan menjahit anak telah mampu menggunting pola, pola berbentuk garis putus-putus, garis lurus, dan garis lingkaran. Setelah melakukan kegiatan menjahit pengembangan motorik halus anak telah berkembang sehingga dapat melatih perkembangan motorik halus. Kata Kunci : Perkembangan Motorik Halus, Anak Usia Dini, Kegiatan Menjahit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Fakultas > Pendidikan Pg_Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:04
Last Modified: 19 Sep 2025 06:04
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5418

Actions (login required)

View Item View Item