Ansar, Ade Irma (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD NEGERI 53 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER .pdf - Published Version Download (91kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf - Published Version Download (101kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (176kB) |
![]() |
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (87kB) |
Abstract
Ade Irma Ansar. 03302011057. Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sd Negeri 53 Kota Ternate. Dibimbing oleh (1) Suhardi Abdullah S.Pd., M.Hum, (2) Selvi Wulandari S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sd Negeri 53 Kota Ternate. Metode penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dilakukan pada subjek penelitian sebanyak 18 siswa yaitu kelas V SD Negeri 53 Kota Ternate. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SD Negeri 53 Kota Ternate dalam konteks pembelajaran tematik. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas siswa (RA, MAA, KNF, dan NS) mencapai kategori cukup dengan nilai antara 75 hingga 80. Namun, hanya satu siswa, S, yang mencapai kategori baik dengan nilai tertinggi 88%. Analisis juga mengidentifikasi variasi dalam pencapaian indikator-indikator kemampuan membaca pemahaman, di mana kemampuan menjelaskan isi pokok pikiran paragraf dan menjawab pertanyaan eksplisit menunjukkan hasil terendah, sementara kemampuan membuat kesimpulan menunjukkan hasil tertinggi. Faktor utama yang diidentifikasi sebagai penyebab rendahnya nilai adalah kurangnya kemauan belajar secara sungguh-sungguh. Penemuan ini menyoroti pentingnya motivasi intrinsik dalam meningkatkan pencapaian kemampuan membaca pemahaman siswa dalam konteks pembelajaran tematik. Kata Kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman SD Negeri 53 Kota Ternate
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 06:05 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 06:05 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |