PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 58 KOTA TERNATE PADA TEMA 4 PEMBELAJARAN DAUR ULANG BARANG BEKAS

Mustafa, Ayumi (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 58 KOTA TERNATE PADA TEMA 4 PEMBELAJARAN DAUR ULANG BARANG BEKAS. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (127kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB)

Abstract

Ayumi Mustafa, 2024. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 58 Kota Ternate pada Tema 4 pembelajaran Daur Ulang Barang . Pembimbing Pamuti, S.Pd, M.Si dan Risna Srinawati, S.Pd,I., M.Pd . Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 58 Kota Ternate pada materi kebersamaan dalam keberagaman menggunakan model Project Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dua siklus. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 58 Kota Ternate yang berjumlah 20 siswa. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model Project Based Learning yang dilakukan peneliti sehingga mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I terdapat hanya 5 siswa atau 25% nilai atau hasil belajarnya kategori baik, sedangkan 8 atau 40%. Hasil belajarnya kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II dari 20 siswa kelas IV pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 16 siswa atau 80% kategori baik. Dan nilai rata-rata siswa pada meningkatkan kreativitas belajar siswa Model Project Based Learning siklus I yaitu 66,5 sedangkan siklus II naik menjadi 77,1. Data tersebut menunjukan bahwa penerapan pembelajaran model Project Based Learning meningkatkan kreativitas belajar siswa pada Tema 4 pembelajaran Daur Ulang Barang kelas IV SD Negeri 58 Kota Ternate. Kata Kunci : Model Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:47
Last Modified: 19 Sep 2025 06:47
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5433

Actions (login required)

View Item View Item