PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI

Fokaaya, Sumita (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (181kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (333kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (244kB)

Abstract

Sumita Fokaaya, 2024: Penerapan Model Praject Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar,Siswa SMP Negeri 5 Kota Ternate Pada Konsep Keanekaragaman Hayati. Pembimbing Prof. Dr., Sundari., S.Pd., M.Pd dan Dr. Ilham Madjid S.Pd., M.Si. Project Based Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk merencanakan aktivitas belajar. Melaksanakan proyek secara kolaboratif, dan pada akhirnya menghasilkan produk kerja yang dapat dipresentasikan kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati pada kelas VIII IPA di SMP Negeri 5 Kota Ternate melalui penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research).Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII (delapan) dengan jumlah siswa 26 orang. Hasil penelitian tinjauan, 1). Penggunaan model PJBl dapat meningkatkan aktivitas kolaborasi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate dari siklus I (65,68%) menjadi siklus II (93,75%) dan dikategorikan sangat baik. 2). Hasil penelitian menggunakan model PJBL dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate . hal ino dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I (38,46%) menjadi siklus II (76,92%) yang dikategorikan berhasil. Kata Kunci: aktivitas , hasil belajar, model project based learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QR Biologi
Q Science > QR Biologi
Divisions: Fakultas > Pendidikan Biologi
Pendidikan Biologi
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:02
Last Modified: 22 Sep 2025 05:02
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5448

Actions (login required)

View Item View Item