APLIKASI GAMIFIKASI BERBASIS CLASSCRAFT PADA MATERI GEMPA BUMI UNTUK SISWA SMP NEGERI 2 HALMAHERA BARAT

Duwila, Fiksan (2024) APLIKASI GAMIFIKASI BERBASIS CLASSCRAFT PADA MATERI GEMPA BUMI UNTUK SISWA SMP NEGERI 2 HALMAHERA BARAT. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (134kB)
[thumbnail of D. ABTRAK INDONESIA, INGGRIS.pdf] Text
D. ABTRAK INDONESIA, INGGRIS.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (245kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB)

Abstract

Fiksan Duwila, 2024. Aplikasi Gamifikasi Berbasis Classcraft Pada Materi Gempa Bumi Untuk Siswa SMP Negeri 2 Halmahera Barat. Dibimbing oleh Bapak Dr. Saprudin, S.Pd., M.Pd Selaku Pembimbing I dan Bapak Dr. Hi. Iqbal Limatahu,S.Pd.,M.Si Selaku Pembimbing II Penelitian ini dilakukan bertujuan: (1) Membuat aplikasi gamifikasi berbasis classcraft untuk pembelajaran gempa bumi bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Halmahera Barat. (2) Untuk mengetahui taggapan guru terhadap aplikasi gamifikasi dalam pembelajaran gempa bumi di kelas VII SMP Negeri 2 Halmahera Barat. (3) Untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan aplikasi gamifikasi untuk pembelajaran gempa bumi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Halmahera Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan tahapan ADDIE Yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze,Design,Develop,Implement dan Evaluate. Hasil analisis menunjukan bahwa secara umum produk gamifikasi materi gempa bumi berbasi Classcraft yang dihasilkan pada penelitian ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan hasil validasi ahli media di kategori sangat layank dengan presentase 90%, ahli materi 82% dengan kategori sangat layak dan ahli bahasa 89% dengan kategori layak untuk tanggapan guru mata pelajaran sangat setuju dengan presentase 92%. Tanggapan siswa dinyatakan sangat baik dengan besar presentase97%. Kata Kunci : Gamifikasi, Classcraft, gempa bumi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: > Pendidikan Fisika
> Pendidikan Fisika
> Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:02
Last Modified: 22 Sep 2025 05:02
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5457

Actions (login required)

View Item View Item