PENGGUNAAN METODE SAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 63 HALMAHERA SELATAN

Yasin, Fitra (2024) PENGGUNAAN METODE SAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 63 HALMAHERA SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (147kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (104kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB)

Abstract

Fitra Yasin 2024. Penggunaan Metode SAS dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SD Negeri 63 Halmahera Selatan. Dibimbing oleh: Suhardi Abdullah S.Pd,.M. Hum selaku pembimbing I dan Pamuti S.Pd..M.Si selaku pembimbing II. Tujuan melakukan penelitian ini (1) Untuk mengetahui proses penerapan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD Negeri 63 Halmahera Selatan. (2) Setelah menggunakan metode SAS dapat mengetahui berapa besarnya peningkatan kemampua membaca permulaan pada siswa kelas II SD Negeri 63 Halmahera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 63 Halmahera Selatan yang berjumlah 8 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SAS. Penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis dan Tanggart (Somadayo 2013) yang meliputi: (1). Perencanaa, (2). Pelaksanaan (3). Observasi, (4). Refleksi. Yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dua kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Tes, 2). Observasi, 3). Dokumentasi. Hasil penelitian dari metode SAS dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siklus I ketuntasan siswa sebesar 50% sebanyak 4 siswa sedengkan yang tidak tuntas sebesar 50% sebanyak 4 siswa dari 8 siswa yan mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah rata-rata pada siklus I adalah 20% sedangakan siklus II menunjukan ketuntasan siswa sebesar 75% sebanyak 6 siswa sedangkan tidak tuntas sebesar 25% sebanyak 2 siswa dari 8 siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan jumlah rata-rata 74% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode SAS dapat mingkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD Negeri 63 Halmahera Selatan. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Metode SAS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:03
Last Modified: 22 Sep 2025 05:03
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5474

Actions (login required)

View Item View Item