PENGGUNAAN MODEL CIRC DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN MATERI ASAL USUL NENEK MOYANGKU PADA SISWA KELAS IV SDN 2 KOTA TERNATE

S. Malagapi, Nurasni (2024) PENGGUNAAN MODEL CIRC DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN MATERI ASAL USUL NENEK MOYANGKU PADA SISWA KELAS IV SDN 2 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (102kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (332kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB)

Abstract

Nurasni S. Malagapi, 2024. Penggunaan Model CIRC dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Materi Asal Usul Nenek Moyangku pada Siswa Kelas IV SDN 2 Kota Ternate. Dibimbing oleh Kodrat Hi. Karim, S.Pd.,M.Pd dan Risna Srinawati, S.Pd.I.,M.Pd Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan dan hasil penggunaan model CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa materi Asal Usul Nenek Moyangku pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kota Ternate. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, melibatkan 21 siswa dan guru kelas IV sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles and Huberman. Penggunaan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman materi Asal Usul Nenek Moyangku dilakukan dalam tiga tahapan: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada tahap pendahuluan, peneliti membangun suasana positif untuk meningkatkan semangat belajar. Kegiatan inti pembelajaran dilakukan dalam enam fase: 1) Fase orientasi, peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan gambaran awal materi melalui presentasi. Fase reorganisasi melibatkan pembentukan kelompok diskusi dan pemberian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). 2) Fase pengenalan konsep mencakup penjelasan mengenai cara mengerjakan LKPD dan pengenalan konsep yang relevan. 3) Fase eksplorasi dan aplikasi dilakukan dengan diskusi kelompok untuk memahami teks bacaan. 4) Fase publikasi melibatkan presentasi hasil diskusi kelompok. 5) Fase penguatan dan refleksi diakhiri dengan umpan balik dari peneliti dan evaluasi melalui soal-soal. Kegiatan penutup melibatkan refleksi pembelajaran dan pembacaan doa. Berdasarkan data hasil penggunaan model CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman materi Asal Usul Nenek Moyangku pada siswa kelas IV SDN 2 menunjukkan bahwa penggunaan model CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa terlihat aktif berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Hasil tes kemampuan membaca pemahaman memperoleh hasil: tiga dari lima kelompok diskusi mencapai nilai diatas standar KKM. Kelompok 2 mencapai nilai tertinggi dengan predikat "Sangat Memuaskan", diikuti oleh kelompok 3 dan kelompok 4 dengan predikat "Sangat Baik". Dua kelompok lainnya mendapatkan nilai di bawah standar KKM yaitu kelompok 1 memperoleh nilai 66 dengan predikat ”Baik” dan kelompok 5 memperoleh nilai 47 dengan predikat “Kurang”. Indikator kemampuan membaca pemahaman menunjukan bahwa sebagian besar kelompok siswa menguasai tiga tingkatan kemampuan membaca pemahaman bacaan yakni kemampuan literal, apresiasi dan inferensial. Kemampuan reorganisasi dan kemampuan evaluasi memerlukan adanya peningkatan. Analisis hasil tes pemahaman individu dari 21 siswa terdapat 19 siswa secara keseluruhan perolehan nilai rata-rata sebesar 85 dengan ketuntasan sebesar 90%. Faktor yang mengahambat kegiatan membaca pemahaman yakni panjangnya bahan bacaan, kesulitan memahami kosa kata baru, gaya belajar, dan kurangnya dukungan orang tua. Dalam penggunaan model CIRC perlu adanya manajemen waktu yang baik oleh pengajar dan dukungan orang tua dalam proses belajar siswa Kata kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:52
Last Modified: 23 Sep 2025 02:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5524

Actions (login required)

View Item View Item