UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 177 HALMAHERA SELATAN PADA TEMA 6 SUBTEMA 3 ENERGI ALTERNATIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Hamdan, Nurulaprilia (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 177 HALMAHERA SELATAN PADA TEMA 6 SUBTEMA 3 ENERGI ALTERNATIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (105kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (174kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB)

Abstract

Nurulaprilia Hamdan, 2024: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 177 Halmahera Selatan Pada Tema 6 Subtema 3 Energi Alternatif Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Dibimbing oleh Bapak Dr. Ridwan Jusuf, S.Pd.,M.Pd (pembimbing I), dan Bapak Asri S. Tamalene, S.Pd.,M.Pd (Pembimbing II) Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui proses menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 177 Halmahera Selatan pada tema 6 subtema 3 Energi Alternatif (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 177 Halmahera Selatan pada tema 6 subtema 3 Energi Alternatif dengan menggunakan model Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 177 Halmahera Selatan dengan jumlah siswa 13 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 4 perempuan. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa secara individual, untuk menentukan ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan untuk menghitung persentase hasil aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata persentase 51,46% dengan jumlah siswa tuntas 4 siswa (30,76%) dan siswa tidak tuntas yaitu 9 siswa (69,23%) untuk aktivitas guru yaitu 78,04% dan aktivitas siswa 68,29%. Sedangkan pada tes ketuntasan belajar siswa pada siklus II dengan nilai rata-rata persentase yaitu 73,07% dengan jumlah siswa tuntas yaitu 11 siswa (84,61%) dan siswa tidak tuntas yaitu 2 siswa (15,38%) untuk aktivitas guru 90,24% dan aktivitas siswa 87,80%. Berdasarkan hasil persentase diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning pada tema 6 subtema 3 Energi Alternatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 177 Halmahera Selatan. Kata kunci: Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa Subtema 3

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:52
Last Modified: 23 Sep 2025 02:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5526

Actions (login required)

View Item View Item