Kacoa, Sahwia (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STUDEN TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS IV SDN GALO-GALO TEMA 1 SUBTEMA 2 KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER SKRIPSI SAHWIA.pdf - Published Version Download (34kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (97kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (234kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (160kB) |
Abstract
Sahwia Kacoa. 03301911051 Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Galo-Galo pada Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman. Dibimbing oleh : (1) Suhardi Abdullah, S.Pd.,M.Hum, (2) Risna Srinawati, S.Pd.I., M.Pd Penelitian ini memiliki 2 tujuan 1). Untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada tema 1 subtema 2 kebersamaan dalam kebergaman siswa kelas IV SDN Galo-Galo 2). Untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Galo-Galo pada tem 1 subtema 2 kebersamaan dalam kebergaman melalui model pembelajaran kooperaatif tipe STAD. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti ini menggunakan observasi, tes serta dokumentasi, dan analisis. Objek penelitiannya yaitu di SD Negeri Galo-Galo. Penelitian ini dilakukan pada semester Ganjil dan dimulai pada tanggal 04 November sampai 03 Desember 2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Galo-Galo yang berjumlah 15 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumenn tes berupa 5 butir soal dalam bentuk tulisan dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa, penerapan model pembelajan kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa antara siklus I dan siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada tes akhir siklus I diperoleh persentase 26,67%. Sedangkan ketuntasan belajar siswa tes akhir siklus II diperoleh 86,67%. Aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan, yakni 66,67% pada siklus I dan 93,75% pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada tema 1 subtema 2 kebersamaan dalam kebergaman dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Galo-Galo. Kata Kunci : Model Pembelajaran Coopertive Tipe STAD, Hasil Belajar, Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 06:48 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 06:48 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |