PENARAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU DI SD ISLAMIYAH 4 KOTA TERNATE

Samiun, Sulasni (2024) PENARAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU DI SD ISLAMIYAH 4 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (19kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (78kB)

Abstract

Sulasni Samiun, 2024: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU DI SD ISLAMIYAH 4 KOTA TERNATE. Di bimbing oleh Bapak Anwar Marasabesy, S.Pd.,Gr., M.Pd (Pembimbing I), dan Bapak Asri Tamalene, S.Pd.,M.Pd (Pembimbing II) Tujuan penelitian ini adalah Bagaimana Penggunaan Model pembelajaran Inkuiri di Kelas IV SD Islamiyah 4 Kota Ternate pada tema 6 subtema 1 Aku dan cita-citaku, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa SD Islamiyah 4 Kota Ternate Pada Subtema 1 Aku dan cita-citaku. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islamiyah 4 Kota ternate dengan jumlah 18 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tekhnik pegumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata presentase yaitu 49,17% dengan jumlah siswa tuntas 2 siswa (11,11%) dan siswa tidak tuntas yaitu 16 siswa (88,89%) untuk aktivitas guru yaitu 76,67% dan aktivitas siswa 69,22%. Sedangkan pada tes ketuntasan belajar siswa pada siklus II dengan nilai rata-rata presentase yaitu 74,44% dengan jumlah siswa tuntas yaitu 15 siswa (83,33%) dan siswa tidak tuntas 3 siswa (16,67%) untuk aktivitas guru 93,75% dan aktivitas siswa 94,22%. Berdasarkan hasil presentase diatas dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inkuiri pada subtema 1 Aku dan cita-citaku dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Islamiyah 4 Kota Ternate. Kata kunci : Hasil Belajar Siswa Subtema 1 Model Pembelajaran Inkuiri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:49
Last Modified: 23 Sep 2025 06:49
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5565

Actions (login required)

View Item View Item