PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (Suatu penelitian yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2023/2024)

Saputri, Ida Ayu . (2024) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (Suatu penelitian yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (118kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (94kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB)

Abstract

Ida Ayu Saputri. 2024. Penerapan Model Contextual Teaching and Learning dan Ekspositori Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Penelitian di bawah bimbingan Bapak Dr. Drs. Hasan Hamid, M.Si dan Ibu Dr. Ida Kurnia Waliyanti, S.Si, M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning dengan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model contextual teaching and learning dengan ekspositori dan apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model contextual teaching and learning dengan ekspositori. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi Exprimental Design dengan jenis desain Nonequivalent Control Grup Design dengan dua kelompok sampel. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 dengan jumlah sampel 52 siswa, kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal uraian sebanyak 3 nomor. Hasil analisis deskriptif menunjukan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning terdapat 8 siswa (24,24%) yang memperoleh kategori sangat baik, terdapat 11 siswa (33,33%) yang memperoleh kategori baik, terdapat 4 siswa (15,38%) yang memperoleh kategori cukup dan terdapat 3 siswa (11,54%) yang memperoleh kategori kurang baik, sedangkan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkan model ekspositori terdapat 11 siswa (33,33%) yang memperoleh kategori baik, 9 siswa (34,62%) yang memperoleh kategori cukup dan 6 siswa (23,08%) yang memperoleh kategori kurang baik. Nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate dengan model Contextual Teaching and Learning yaitu 81,50, sedangkan nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa kelas kontrol adalah 67,38. Hal ini berarti kemamapuan penalaran matematis siswa lebih tinggi setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning dibandingkan dengan ekspositori. Hasil analisis inferensial dengan pengujian hipotesis nilai Sig. (2-tailed) 0,034 < = 0.05. Dengan demikian terdapat perbedaan Model Contextual Teaching and Learning dan model ekspositori terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Ekspositori dan Kemampuan Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 24 Sep 2025 00:58
Last Modified: 24 Sep 2025 00:58
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5579

Actions (login required)

View Item View Item