PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI TABUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas IX-1 dan IX-2 SMP Negeri 4 Kota Ternate Tahun Ajaran 2023/2024)

Lampah, Indah Winawarti M. (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI TABUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas IX-1 dan IX-2 SMP Negeri 4 Kota Ternate Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of Sampul Depan .pdf] Text
Sampul Depan .pdf - Published Version

Download (158kB)
[thumbnail of Abstrak Skripsi fix 1.pdf] Text
Abstrak Skripsi fix 1.pdf - Published Version

Download (267kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (334kB)

Abstract

Indah Winawarti M. Lampah 2024. “Penerapan Model Project Based Learning Pada Materi Tabung Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis” (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas IX-1 dan IX-2 SMP Negeri 4 Kota Ternate Tahun Ajaran 2022/2023) Di Bawah Bimbingan Dr. Ida Kurnia Waliyanti S.Si.,M.Sc dan Ahmad Afandi S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) kemampuan pemahaman konsep matematis setelah diterapkan model Project Based Learning (PjBL) pada materi tabung dan 2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis setelah diterapkan model Project Based Learning (PjBL) pada materi tabung. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian non equivalen control group design dengan dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IX-A dan kelas IX-B SMP Negeri 4 Kota Ternate dimana setiap kelas terdiri dari 20 siswa sehingga jumlah sampel adalah 40 siswa, dengan kelas IX-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal uraian sebanyak 3 nomor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) analisis deskriptif menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis setelah diterapkan model project based learning terdapat 9 siswa (45%) memperoleh kualifikasi sangat tinggi, terdapat 5 siswa (25%) memperoleh kualifikasi tinggi, terdapat 3 siswa (15%) yang memperoleh kualifikasi cukup, terdapat 3 siswa (15%) memperoleh kuafikasi rendah, dan tidak ada siswa yang memperoleh kualifikasi sangat rendah. 2) analisis inferensial menunjukan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep dengan pengujian hipotesis ini menunjukan bahwa nilai sig 0,047 < α = 0,05 sehingga H0 ditolak dan HI diterima, hal ini berarti bahwa terdapat peningkatan dalam penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi tabung. Kata kunci: Project Based Learning, Pemahaman Konsep Matematis, Tabung

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 24 Sep 2025 00:58
Last Modified: 24 Sep 2025 00:58
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5582

Actions (login required)

View Item View Item