INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN PKn pada SANTRI KELAS VIII di MTs DARUL FALAH KOTA TERNATE

A. Djohra, M. Rifaldi (2024) INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN PKn pada SANTRI KELAS VIII di MTs DARUL FALAH KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (201kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (36kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (279kB)

Abstract

M. Rifaldi A. Djohra. 2024. “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran PKn pada Santri Kelas VIII di MTs Darul Falah Kota Ternate”. Dibimbing oleh Dr. Drs. Syahril Muhammad, M.Hum. dan Hasmawati, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan dan menemukan nilai-nilai keislaman yang integrasi dalam perencanaan pembelajaran PKn 2). Mendeskripsikan pelaksanaan integrasi nilai-nilai keislaman ke dalam pembelajaran PKn 3). Mendeskripsikan evaluasi integrasi nilai-nilai keislaman ke dalam pembelajaran PKn 4). Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat integrasi nilai-nilai keislaman ke dalam pembelajaran PKn pada santri kelas VIII di MTs Darul Falah Ternate. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu; kiai, kepala MTs, guru PKn, guru Al-Qur’an & hadis, dan santri. Teknik analisis data yaitu; reduksi data, sajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: 1). Nilai-nilai keislaman yang ada di MTs Darul Falah Ternate yaitu; Ukhuwah, Takwa, Ihsan, Akhlakul Karimah, dan Alim. Perencanaan dilakukan dengan penggunaan dua kurikulum yaitu; kurikulum pondok pesantren dan kurikulum nasional, adapun perencanaan pembelajaran PKn dilakukan guru untuk merancang perangkat pembelajaran, yaitu; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, dan Evaluasi. Adapun perencanaan dalam program sekolah. 2). Pelaksanaan integrasi nilai keislaman merupakan tahap tindak lanjut perencanaan, guru PKn melaksanakan rangkaian pembelajaran mengacu pada RPP dan silabus yang telah dibuat, pada RPP terdapat alur kegiatan pelaksanaan yaitu; kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3). Evaluasi yang digunakan dalam integrasi nilai-nilai keislaman menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process and Product) meliputi konteks nilai-nilai keislaman (Takwa, Alim, Ukhuwah, Akhlakhul Karimah, dan Ihsan) diintegrasikan ke dalam pembelajaran PKn. 4). Faktor pendukung yaitu: adanya rasa kekeluargaan, kepemimpinan, lingkungan, pengembangan guru, sarana & prasarana, keterbukaan, bantuan dana, kemitraan lembaga pendidikan, dan evaluasi rapat kerja. Adapun faktor penghambat yaitu: kurangnya guru PKn, kurangnya sarana-prasarana, kurangnya metode, strategi, model, evaluasi pembelajaran guru PKn, dan kurangnya penggunaan Ice Breaking. Kata Kunci: Integrasi, Nilai-nilai Keislaman, Pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Ppkn
Q Science > QH Ppkn
Divisions: Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Fakultas > Pendidikan Ppkn
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:52
Last Modified: 24 Sep 2025 02:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5620

Actions (login required)

View Item View Item