Duwila, Sukmawati (2024) STRATEGI GURU PKn DALAM MEMBENTUK KARAKTER MENGHARGAI PRESTASI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SANANA KABUPATEN KEPULAUAN SULA. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (102kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (214kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (234kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (170kB) |
Abstract
Sukmawati Duwila (2024). NPM 03072011031.” Strategi Guru PKn Dalam Membentuk Karakter Menghargai Prestasi Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Sanana Kabupaten Kepulauan Sula”. Dibawah bimbingan sebagai pembimbing I Dr. Mohtar Kamisi, S.Pd.,M.Si dan sebagai pembimbing II Nani I Rajaloa, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tentang cara guru dalam menghargai prestasi peserta didik, baik prestasi peserta didik di bidang akademik maupun non akademik Dan prestasi peserta didik tersebut ada yang sampai ketingkat nasional, provinsi, dan babupaten. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui tentang strategi guru PKn dalam membentuk karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Sanana Kabupaten Kepulauan Sula. (2) Untuk mengetahui perwujudan karakter menghargai prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Sanana Kabupaten Kepulauan Sula. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, yang menggunakan analisis data model Milles dan Huberman. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru Pkn, dan peserta didik. Hasil dari penelitian adalah: (1) Strategi yang dilakukan oleh guru ppkn dalam membentuk karakter menghargai prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Sanana Kabupaten Kepulauan Sula yaitu dengan memberikan penghargaan dan pujian kepada peserta didik yang telah meraih prestasi. Pemberian penghargaan juga dapat membangun motivasi, dan rasa percaya diri kepada peserta didik untuk terus berusaha dan berprestasi. (2) Bentuk perwujudan karakter menghargai prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Sanana Kabupaten Kepulauan Sula yaitu memberikan apresiasi kepada peserta didik, bisa juga memberikan penghargaan secara langsun kepada peserta yang telah meraih prestasi baik itu dalam bentuk pujian ataupun hadia kecil seperti pemberian alat tulis. Kata Kunci: Strategi Guru PKn, Karakter Menghargai prestasi, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Ppkn Q Science > QH Ppkn |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn Fakultas > Pendidikan Ppkn |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:44 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 06:44 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |