IMPLEMENTASI MEDIA KARTU HURUF DALAM PENGENALAN HURUF UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH 1 KOTA TERNATE

Ahmad, Rosna (2024) IMPLEMENTASI MEDIA KARTU HURUF DALAM PENGENALAN HURUF UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (106kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf] Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf - Published Version

Download (156kB)
[thumbnail of F. 1. BAB I.pdf] Text
F. 1. BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB)

Abstract

Rosna Ahmad, 2024. Impementasi Media Kartu Huruf Dalam Pengenalan Huruf Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah 1 Kota Ternate, pembimbing: Rita Samad, S.Pd., M.Pd dan Winda Oktaviani, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kartu huruf dalam mengenal huruf abjad pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah 1 Kota Ternate, dan mengetahui apakah media kartu huruf dapat memperkenalkan huruf abjad pada anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian kualitaif dengan menggunakan pendekatan dekriptif subjek dalam penelitian ini sebanyak 2 orang guru kelas di TK Aisyiyah 1 Kota Ternate dan 19 orang anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengenalan huruf pada anak usia 4-5 tahun dengan 4 indikator yakni: 1) membentuk sikap positif ketika bermain kartu huruf; terdapat 4 anak dari 19 anak yang belum memiliki sikap positif ketika bermain kartu huruf (anak belum memiliki sikap yang baik dalam belajar huruf masih ada anak yang menganggu temanya dan tidak senang pada saat belajar huruf dan guru tidak boleh melarang anak-anak dalam proses belajarnya). Indikator 2) media kartu huruf lebih menekankan fakta dan konsep sesuai kehidupan sehari-hari; terdapat 2 anak dari 19 anak belum bisa menyebut huruf yang biasa disebut dalam kehidupan sehari-hari (anak susah dalam menyebut huruf yang biasa disebut dalam kehidupan sehari-hari seperti huruf m, p, a dan b). Indikator 3) meningkatkan motivasi belajar anak ; terdapat 4 anak dari 19 anak belum bisa meningkatkan motivasi belajar (anak anak merasa kesulitan pada saat pengenalan huruf dan anak-ank lebih cenderung menyanyikan lagu a, b, c, d) dan Indikator 4) anak dapat menggunakan media kartu huruf dalam mencapai tujuan pembelajaran; terdapat 5 anak dari 19 anak yang belum dapat menggunakan media kartu huruf anak kesulitan dalam membedakan huruf yang mirip seperti q,p dan m,w). Dalam menyikapi hal ini, guru tetap bersikap optimis untuk mengajarkan dan memperkenalkan kepada anak-anak beulang-ulang untuk dapat mengikuti proses belajar mengenal huruf dengan baik dan benar sehingga semua anak dapat mengetahuinya. Kata Kunci: Media Kartu Huruf , Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 30 Sep 2025 00:52
Last Modified: 30 Sep 2025 00:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5679

Actions (login required)

View Item View Item