Ely, Suharni (2024) PENGARUH PENGGUNAAN STORY’ TELLING TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK PADA ANAK USIA DINI DI PAUD KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (163kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf - Published Version Download (89kB) |
![]() |
Text
F. 1 BAB I.pdf - Published Version Download (171kB) |
![]() |
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (87kB) |
Abstract
Suharni Ely, 2023. Pengaruh Penggunaan Story Telling Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Di Paud Pembina 7 Kota Ternate Kelurahan Tubo Kecamatan Ternate Utara. Pembimbing Rita Samad, S.Pd, M.Pd, Dan Umikalsum Arafa, S.Pd, M.Pd Terhadap Program studi PG-PAUD merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan yang ada di Universitas Khairun. maka tujuan penelitian adalah untuk meningkatan kecerdasan linguistik dalam penggunaan bahasa pada anak usia dini PAUD Pembina 7 Kota Ternate Kelurahan Tubo Kecamatan Teranate Utara. menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penggalian data dengan teknik wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data menujukkan bahwa penggunaan story tellin terhadap kecerdasan linguistik pada anak usia dini diperoleh nilai rata- rata sebesar 58,71 dengan nilai tertinggi 60 dan nilai terendah 53. Dalam penelitian eksperimental ini, penelitian dilakukan pada guru di PAUD Pembina 7 Kelurahan Tubo Kecamatan Ternate Utara dengan sampel 5 guru orang guru yang diwawancarai oleh peneliti. Nilai rata-rata hasil menulis narasi setelah pemberian rangsangan dengan mengaktifkan kecerdasan linguistik memiliki hasil menulis narasi yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Selain itu, persentase kategori 54 hasil menulis narasi juga meningkat yaitu kategori tinggi (37,5%), kategori sedang 5 (62,5%), kategori rendah dan sangat rendah 0%. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji-t diketahui nilai sebesar 0,344 dengan frekuensi (dk) sebesar 8-2 = 6, dan = 2,44 diperoleh pada taraf signifikan 5% maka dari itu > pada taraf signifikan 0,05, sehingga hipotesis nol) ditolak dan hipotesis alternatif ( diterima yang berarti terdapat pengaruh faktor penggunaan story telling terhadap kecerdasan linguistik pada anak usia dini. Kata Kunci : Pengaruh Penggunaan Story Telling Terhadap Kecerdasan Linguistik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QM PG-Paud Q Science > QM PG-Paud |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan PG Paud Fakultas > Pendidikan PG Paud Fakultas > Pendidikan PG Paud |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:40 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 01:40 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5709 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |