UPAYA PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI DI PAUD NUKILA KOTA TERNATE

Sulistianingsi, Wahyu (2024) UPAYA PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI DI PAUD NUKILA KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of 1. KAFER.pdf] Text
1. KAFER.pdf - Published Version

Download (51kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
4. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf - Published Version

Download (60kB)
[thumbnail of 6. BAB I.pdf] Text
6. BAB I.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB)

Abstract

Wahyu Sulistianingsi, 2023. Upaya Pengembangan Aspek Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini di PAUD Nukila Kota Ternate. Pembimbing Dr. Rosita Wondal, M.Pd, dan Bahran Taib, S.Psi.,M.Si Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui upaya pengembangan aspek sosial emosional pada anak usia dini di PAUD Nukila Kota Ternate, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan aspek sosial emosional pada anak usia dini di PAUD Nukila Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan terdiri observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa 1) kesadaran diri dapat dilakukan dengan mengajarkan belajar bersosialisasi diri dan rasa kepuasan bahwa dirinya diterima di kelompoknya. Selain itu, bermain bersama dapat membangun hubungan yang baik antar sesama seperti tercipta sikap saling membantu, tolong menolong, dan sikap kekerabatan sesama anak. Guru selalu berupaya mengajak anak bermain bersama, sering memngelompokan anak dalam kegiatan belajar, dan melatih anak untuk mampu bersosialisasi diri dengan teman-teman yang lainnya, 2) Rasa tanggung jawab diri sendiri dan orang lain dilakukan dengan mengajarkan contoh-contoh cara bertutur kata yang baik, berbicara yang sopan, saling membantu, tolong menolong, dan sikap kekerabatan sesama anak. Ketika anak melakukan hal baik memberikan pujian pada anak dapat meningkatkan semangat pada anak untuk mengerjakan soal-soal yang diberikan guru dan mampu melakukan hal-hal baik dan benar, 3) perilaku prososial dengan mengajarkan anak untuk menciptakan hubungan saling menghormati, tidak menganggu teman yang lain, membiasakan anak untuk sering mendengarkan ketika ada yang berbicara dan tidak memotong pembicaraan orang lain, saling berbagi sesama teman, bersikap peduli dan saling memberi semangat agar dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, membantu teman yang mengalami kendala, guru melakukan pendekatan kepada anak yang sedang marah dan guru mencoba untuk menenangkan anak, 4) Faktor pendukung dan faktor dalam membentuk sikap sosial emosional anak bahwa adanya dukungan dari guru dan kepala sekolah dalam mendukung perkembangan sikap sosial emosional anak melalui bermain bersama dan kerjasama. Sedangkan faktor penghambat belum terlaksananya kerjasama yang baik antar pihak sekolah dan orang tua anak guna mendukung perkembangan sosial emosional anak, Kata Kunci: Upaya Pengembangan, Aspek Sosial Emosional, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:41
Last Modified: 01 Oct 2025 01:41
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5713

Actions (login required)

View Item View Item