Haimia, Dewi (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WAIMAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (179kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (176kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (249kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (175kB) |
Abstract
Dewi Haimia. 03301911028 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Waiman. Dibimbing oleh: (1) Dr. Samsu Somadayo, S.Pd., M.Pd, (2) Sukria Ahsan, S.Pd., M.Pd Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui proses penggunaan model problem based learning pada pembelajaran tematik di kelas V SDN Waiman. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran tematik menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN Waiman. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Waiman. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil dan dimulai pada tanggal 9 Agustus sampai 9 September 2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Waiman yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes berupa 10 butir soal dalam bentuk pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa antara siklus I dan siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada tes akhir siklus I diperoleh persentase 40%. Sedangkan ketuntasan belajar siswa tes akhir siklus II diperoleh 90%. Aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan, yakni 58,9% pada siklus I dan 91,1% pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran tematik subtema 2 manusia dan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Waiman. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar dan Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:41 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 01:41 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |