PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA III BENDA DI SEKITARKU SISWA KELAS 3 SD NEGERI 73 HALMAHERA SELATAN

Hi.M.Nur, Fitria R. (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA III BENDA DI SEKITARKU SISWA KELAS 3 SD NEGERI 73 HALMAHERA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (176kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (258kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB)

Abstract

Fitria R. Hi.M.Nur, 2023: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema III Benda Di Sekitarku Kelas 3 Sd Negeri 73 Halmahera Selatan. Dibimbing oleh Dr. Samsu Somadayo, S.Pd., M.Pd Dan Sukria Ahsan, M.Pd Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) untuk mengetahui proses pembelajaran siswa kelas III SD negeri 73 Halmahera Selatan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe problem posing (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 73 Halmahera Selatan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe problem posing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan observasi, (3) Refeleksi. Subject dari penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahap yaitu untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dan untuk menghitung persentase hasil aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dari menerapkan model pembelajaran cooperative tipe problem posing dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa atau 54.54% sedangkan yang belum tuntas 10 siswa atau 45,45% dari 22 siswa yang mengikuti proses pembelajaran dikelas dengan jumlah rata-rata siswa adalah 7.090%. hal ini menunjukkan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe problem posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 73 Halmahera Selatan belum berhasil. Sedangkan pada siklus ke II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa atau 86,36% sedangkan 3 atau 13,63% siswa lainnya belum tuntas dari 22 siswa yang mengikuti proses pembelajaran dikelas dengan jumlah rata-rata nilai siswa pada siklus II adalah 78.63%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative tipe problem posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 73 Halmahera Selatan. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Problem Posing

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:42
Last Modified: 01 Oct 2025 01:42
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5726

Actions (login required)

View Item View Item