MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ORGAN TUBUH MANUSIA DALAM TEMA 6 PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GURABUNGA

Humairra, Hasti (2024) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ORGAN TUBUH MANUSIA DALAM TEMA 6 PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GURABUNGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (119kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (4MB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB)

Abstract

Hasti Humairra 2024. Meningkatkan Pemahaman Konsep Organ Tubuh Manusia Dalam Tema 6 Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Media Visual Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Gurabunga. Dibimbing oleh: Darmawati Hady, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Wawan Suprianto Nadra, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa menggunakan media visual tentang organ tubuh manusia pada siswa kelas V Sd Negeri Gurabunga . Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Serta Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu. Penelitian yang dilakukan pada 7 siswa kelas V di SD Negeri Gurabunga yang diajarkan melalui penggunaan media visual tentang organ tubuh manusia, peneliti mendapatkan beberapa temuan yang di alami oleh siswa di dalam kelas ketika peneliti lagi memberikan penjelasan materi organ tubuh manusia. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus, setiap siklus meliputi 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan data yang di peroleh dari hasil tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan secara langsung. Data yang dikumpul dianalisis secara kualitatif disajikan dalam bentuk tabel maupun diagram pada dua siklus menunjukan adanya perbedaan, pada siklus I prestase ketuntasan siswa diperoleh pada aktivitas belajar siswa masih rendah, hal ini dapat dilihat pada skor yang diperoleh yaitu 16 atau dengan jumlah rata-rata 57,14. Pada siklus II telah menunjukan adanya peningkatan presentase nilai siswa, hal ini dapat dilihat dari jumlah nilai yang diperoleh 37 dari skor maksimum 44, dengan perolehan nilai rata-rata mencapai 84,09% maka dinyatakan dalam kualifikasi sangat baik, Dengan menerapkan media visual telah meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dalam proses pembelajaran siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat 3 siswa atau 42,86%, tuntas dengan nilai di atas 65, secara keseluruhan nilai pada pembelajaran siklus I yaitu mencapai 445 dari 7 siswa. Pada siklus II menunjukan bahwa telah ada peningkatan hasil belajar pada materi organ tubuh manusia, jumlah nilai yang diperoleh adalah 622 dari 7 siswa. Nilai terendah adalah 80 dan nilai tertinggi adalah 100. Kualifikasi kemampuan siswa kelas V SD Negeri Gurabunga 100% pada siklus II. Dengan demikain keaktifan pembelajaran siswa menggunakan media visual video animasi tentang organ tubuh manusia pada siswa kelas V Sd Negeri Gurabunga di simpulkan dapat memberikan peningkatan terhadap hasil beljar siswa kelas V SD Negeri Gurabunga. Kata Kunci : Peningkatan, Media Visual, Organ Tubuh Manusia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:42
Last Modified: 01 Oct 2025 01:42
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5727

Actions (login required)

View Item View Item