PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA GURU KELAS RENDAH DI SD NEGERI 16 KOTA TERNATE

Nursan, Hinayat (2024) PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA GURU KELAS RENDAH DI SD NEGERI 16 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (243kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (257kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB)

Abstract

Hinayat Nursan, 2024, Problematika dan Solusi Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Pada Guru Kelas Rendah Di SD Negeri 16 Kota Ternate. Dibimbing oleh Bapak Dr. Samsu Somadayo, S.Pd.,M.Pd pembimbing I dan pembimbing II. Ibu Selvi Wulandari S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana problematika dan solusi pelaksanaan pembelajaran tematik pada guru kelas rendah SD Negeri 16 Kota Ternate. Desan penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini siswa kelas 1,2 dan 3. Pengumpulan data pada penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini di lakukan dengan tiga tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan kajian dapat di tarik kesimpulan berdasarkan rumusan masalah terhadap problematika pelaksanaan pembelajaran tematik pada kelas rendah di SD Negeri 16 Kota Ternate sebagai berikut: 1. Problematika yang ada pada guru kelas rendah adalah sebagai berikut: (1) menyusun rencana pembelajaran (RPP).dan untuk problem pembelajaran pada kelas rendah terdiri atas: (1) penguasaan guru terhadap materi, (2) media pembelajaran, (3) metode pembelajaran, dan (4) sarana dan prasarana dalam pembelajaran serta tingkat kemampuan peserta didik. 2. Sedangkan untuk solusi problematika pelaksanaan pembelajaran tematik pada guru kelas rendah di SD Negeri 16 Kota Ternate yaitu: adanya solusi untuk mengatasi kemampuan guru mengatasi kekurangan pembelajaran tematik, seperti belajar bersama guru lain lainnya, telah di wujudkan berbagai upaya. Ada solusi untuk mengatasi perbedaan pemahaman siswa yang muncul. Guru memperhatikan perbedaan yang muncul, menggunakan metode pembelajaran yang berbeda untuk lebih memotivasikan siswa dan membuat media pembelajaran semenarik mungkin. Ada solusi untuk meningkatkan kerjasama antara guru dan siswa, kerjasama terjadi melalui kegiatan belajar mengajar, seperti penyediaan media pembelajaran di sekolah. Sama-sama aktif dan antusias dalam meningkatkan proses pembelajaran selama pembelajaran dan selama mengajar. Kata Kunci: Solusi Pelaksanaan Pembelajaran Tematik, guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:42
Last Modified: 01 Oct 2025 01:42
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5736

Actions (login required)

View Item View Item