PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TEMA 5 SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN NUSA AMBU KABUPATEN HALMAHERA TIMUR

Idris, Nabila F. (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TEMA 5 SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN NUSA AMBU KABUPATEN HALMAHERA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (221kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB)

Abstract

Nabila F. Idris, 2024. Penerapan Model Pembelajaran PBL Pada Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN Nusa Ambu Kabupaten Halmahera Timur. Dibimbing oleh Ibu Bapak Suhardi Abdullah Spd M. Hum dan Ibu Selvi Wulandari S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pengunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada tema 5 subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan di kelas IV SDN Nusa Ambu Kabupaten Halmahera Timur (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada tema 5 subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan di kelas IV SDN Nusa Ambu Kabupaten Halmahera Timur. menggunakan siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I bahwa hasil belajar siswa pada materi perjuangan para pahlawan terdapat 3 siswa yang tuntas atau 30%. Siswa yang dinyatakan tidak tuntas sebanyak 7 siswa atau 70% hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan pada siklus I belum berhasil atau belum meningkat yang sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa diantaranya dari 10 siswa mengikuti proses belajar mengajar terdapat 9 siswa yg tuntas atau 90% yang di katakan berhasil mecapai KKM, sedangkan siswa yang tidak tuntas terdapat 1 orang atau 10%. Dengan demikian model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa di kelas IV SDN Nusa Ambu Kabupaten Halmahera Timur. Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:53
Last Modified: 02 Oct 2025 06:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5745

Actions (login required)

View Item View Item